IMN Fatwa On Mitsqal For Islamic Gold Dinar and Silver Dirham

Bismillahirrahmanirrahim

Bersama ini kami ingin menyampaikan berita penting yang perlu diketahui semua muslim di manapun berada, atas ijin Allah dan disertai niat yang lurus dan ketakwaan, IMN melakukan pengkajian secara mendalam dari teks langsung kitab-kitab fikih empat Madzhab utama Islam berbahasa arab dari sumber terpercaya dan dikenal luas dan pengukuran langsung kepada standar mitsqal terhadap troy ounce, grain, dan gram. Berita penting ini adalah Fatwa Atas Berat dan Kadar Dinar Dirham Islam.

Fatwa ini untuk memperkuat urusan dinar dan dirham Islam sebagai sesuatu yang penting, menyangkut aqidah kita sebagai muslim yang terkait erat dengan tiang zakat (mal) dan juga berbagai urusan mu’amalat lainnya. Ini adalah suatu upaya nyata dalam meninggalkan sistem riba yang telah merusak kehidupan kita lahir dan batin.

Untuk penjelasan Standar Dinar Dan Dirham Dalam Sejarah Dan Fikih Islam dan download dokumen  Fatwa IMN Atas Berat dan Kadar Untuk Dinar dan Dirham Islam

Wajib bagi kita semua untuk memahami dan mengabarkan Fatwa ini kepada kaum muslimin di manapun berada tanpa merubah judul, isi dan sumber dari Fatwa ini.

Published by

Ali

All you need is love

3 thoughts on “IMN Fatwa On Mitsqal For Islamic Gold Dinar and Silver Dirham”

  1. Assalamu’alaikum wal hamdulillah. Ini benar2 selaras dengan standar Nusantara. Dalam standar berat Nusantara kita akan menemukan formula
    1 Troy ounce (ozt) = 7 Mithqal = 10 Mayam yang kesemua ukuran tersebut diterapkan pada emas murni. Sedangkan Suwarna (satuan uang emas) yang digunakan Majapahit di dibagi menjadi Ma (Masa) yang beratnya 1/2 mithqal, Atak yang beratnya 1/4 mithqal dan Kupang yang beratnya 1/8 mithqal = 1 daniq emas. Jadi pada masa Majapahit daniq emas digunakan. Berbeda dengan daniq perak yang 1/6 Dirham; Daniq emas beratnya 1/8 Dinar atau 1 Ku (Kupang) adalah 1/8 Dinar/Mithqal dan sama persis 1 Daniq. Mengapa ada Atak, karena salah satunya untuk pembayaran Diyat yaitu 1/4 Mithqal atau 1 Atak.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s