Islamic Mint Nusantara, A Defences For Muslim In Nusantara

Ashadu ala ilaha illa llahu wa ashadu ana Muhammadur-Rasulullah
Allahumma salli’ ala Sayyidina Muhammad din ‘abdika wa rasulika n-nabiyyi l-‘ ummiyi wa-‘ala ‘alihi wa-sahbihi wa-salim taslima.

Assalamualaikum, kepada keluarga besar Sultan-Sultan, semua muslim, wakil dinarfirst, gerai, pimpinan jamaah muslim, asosiasi, pengusaha, pedagang, koperasi, wakala, ukm, petani, nelayan, pengurus masjid, badan zakat, yayasan sosial, ulama, pimpinan pesantren, tokoh masyarakat dan seluruh elemen masyarakat di Nusantara.

Bismillahirrahmanirrahim.

Bersama ini kami ingin memberikan maklumat penjelasan kepada muslim di Indonesia terhadap berbagai hal yang terkait dengan perkembangan dan penerapan dinar-dirham oleh Islamic Mint Nusantara (IMN) dan Dinarfirst (DF) dan Titipan Dinarfirst. Semoga penjelasan ini dapat membuka hati dan pikiran bagi kita semua yang ingin menegakkan Islam yang di dasari oleh persaudaraan muslim, ketakwaaan dan cinta kepada Allah dan rasulullah salallahu alaihi wassalam.

 

 Islamic Mint Nusantara Dan Dinarfirst
Islamic Mint Nusantara sebagai pelopor pencetakan mandiri pertama dinar dan dirham Islam di Indonesia, yang dikerjakan dan terbentuk dengan semangat untuk memerangi riba dan  mentaati Allah dan rasul.  IMN adalah sebuah pencetakan mandiri yang dibangun atas wakaf dari muslim yang terpanggil atas urusan ini, dimana bertujuan untuk mencetak dinar dan dirham bagi kepentingan umat muslim dimanapun sebagai bagian dari upaya nyata memerangi riba. Saat ini IMN terus berupaya untuk selalu menyediakan dinar dirham Islam dengan harga cetak yang adil dan dengan kualitas yang baik. IMN berada dalam otoritas mandiri dan terbuka untuk muslim yang ingin mendukung dan bergabung dalam satu jamaah, ini adalah bagian dari dawah aktif yang terkait penegakkan kembali muamalah islam secara nyata yang salah satunya adalah mengembalikan kembali tiang zakat yang rubuh akibat diberlakukannya sistem riba (bank dan uang kertas), meninggalkan riba,  mengembalikan pasar terbuka islam, perdagangan islam bebas riba dan lain-lain.

Selain pencetakan koin emas dan perak, IMN juga mengembangkan sistem pertukaran (pemindahan) dinar-dirham mobile pertama di Nusantara dan mungkin di dunia yang disebut Dinarfirst-mobile exchange system dan telah berjalan dengan baik yang kini tengah diterapkan secepatnya menjadi model sistem keuangan islam yang di integrasikan berbagai aspek muamalah seperti pasar islam, perdagangan islam, wakaf, zakat, paguyuban dan permodalan qirad-syirkah yang menjadi alternatif masyarakat untuk keluar dari sistem riba (uang kertas dan rentenir perbankan) yang dibenci oleh Allah dan rasul-Nya.

Mengenai Dinarfirst dan Titipan Dinarfirst adalah sebuah aplikasi teknologi dalam mempermudah muslim dimanapun untuk melakukan transaksi dengan Dinar Dirham Islam. Dengan menggunakan aplikasi Dinarfirst dan Titipan Dinarfirst maka masyarakat dapat melakukan bermuamalah jarak jauh dengan mudah seperti perpindahan (transfer) koin emas dan perak, menitipkan koin emas dan peraknya dalam suatu repositori (penyimpanan) yang aman dan terjaga dan dapat diambil kapan saja ataupun membeli dinar-dirham, melihat rate harian dinar-dirham, melihat jumlah akhir Titipan Dinarfirst dengan hanya melalui handphone dan Yahoo! messenger. (silahkan lihat website http://www.dinarfirst.org) atau kontak langsung ke +6281808872081. Dinarfirst sebagai aplikasi pertukaran mobile melalui handphone dan YM tentunya dapat langsung di integrasikan dengan perdagangan kita muslim seperti toko, keuangan syariah, BMT, UKM, grosir, hotel, tour dan travel haji, restauran, kafe, sekolah, rumah sakit, organisasi islam dan lain sebagainya.

Islamic Mint Nusantara terbuka bagi semua lapisan masyarakat muslim atau jamaah lain untuk memajukan muamalah islam bebas riba, pencetakan koin dan juga integrasi layanan infrastruktur keuangan islam Dinarfirst-mobile exchange system. IMN-Dinarfirst merangkul semua pihak untuk bekerjasama dalam adab dan tatakrama bangsa melayu yang bersanding dengan kitabullah. Mari kita berlomba-lomba dalam amal kebaikan dan tolong-menolong dalam persaudaraan bukan menciptakan permusuhan dan mengedepankan perbedaan dan kepentingan kelompok. Bertakwalah.

Pengertian Harga Dinar-Dirham Islam Nusantara
Pentingnya kita mencetak koin yang berkualitas dan harga yang serendah mungkin. Harga koin-koin yang dikeluarkan Islamic Mint Nusantara ditetapkan berdasarkan proses kerja  yang berkaitan niat, biaya perawatan pabrik, ongkos produksi dan biaya pekerja sebagian ditangani oleh muwaqif yang membantu pembiayaannya sehingga biaya produksi per koin dapat lebih ditekan dan penyediaan koin dinar dirham di masyarakat dapat beredar semakin luas. Masyaallah la quwatta ila billah. Kami menyadari jika koin dinar dirham Islam terlalu tinggi ongkos cetaknya maka koin itu jatuhnya menjadi perhiasan dan tidak akan kompetitif sebagai alat tukar. Dan saat ini alhamdulillah harga produksi koin dinar dirham IMN adalah yang terendah di dunia.

Apabila harga IMN saat ini lebih rendah dibandingkan dengan yang lain, tentunya itu kembali kepada niat seseorang dalam menjalankannya amanah pencetakan ini dan dengan ijin Allah ini sudah berjalan pada tahap berikutnya, sepatutnya kita semua mendukung upaya IMN dan mengucapkan syukur alhamdulillah, karena ini bisa memberikan kemudahan dan kebaikan kepada masyarakat muslim di Nusantara dengan harga yang terjangkau dan jauh dari manipulasi ataupun alasan yang dibuat-buat. Dengan harga koin yang rendah ini maka akan sangat berguna bagi perdagangan dan pasar terbuka islam. Insyaallah.

Standarisasi Cetak dan Desain Koin Emas dan Koin Perak
Pada tahun 2000, Islamic Mint Nusantara pada awalnya membuat dan mengembangkan desain profil cetak Dinar Dirham Islam dengan gambar Madinah dan Mekkah untuk wilayah Nusantara adalah karena satu tujuan dan keikhlasan dari masing-masing pihak yang saat itu berkontribusi dalam mengembangkan desain tersebut dan hari ini seiring dengan berjalannya waktu, desain koin dinar-dirham islam dari IMN tersebut diperbaharui kembali pada tahun 2007 bersamaan dengan mulainya pencetakan mandiri IMN. Jadi IMN sebagai pelaku sejarah awal Dinar Dirham Islam di Indonesia tentunya mengetahui proses desain tersebut dan begitu pula tujuannya.

Saat ini IMN sedang melakukan perubahan desain baru untuk profil cetakan dinar-dirham nusantara dan tentu saja ini memerlukan persiapan yang matang dan lebih mendasar, karena ini bukan lagi sekedar urusan mencetak koin. IMN sedang mempersiapkan sebuah standar koin emas dengan kemurnian yang lebih tinggi dan dengan kekerasan yang sama dengan koin-koin yang telah beredar saat ini. Untuk itu kami dengan segala kerendahan hati memohon dukungan, bimbingan serta doa dari ulama, syarif dan aulia, salihin, arifin, shiddiqin dan muslim dimanapun berada. Amin.

Perubahan desain baru untuk profil cetak dinar-dirham tersebut juga di ikuti dengan perubahan standar ukuran, berat dan kadar yang akan disesuaikan dengan pemegang otoritas yang telah dikenal luas di Nusantara dimana IMN-Dinarfirst kini berada dalam barisan yang tersambung secara kekeluargaan dan pertalian darah dari otoritas tersebut, ini adalah dengan ijin Allah dan bukan suatu kebetulan. Alhamdulillah.

Islamic Mint Nusantara akan terus melakukan perbaikan kualitas cetak dan juga akan melakukan peningkatan kapasitas produksi terkait dengan aplikasi SAUDARA (Saudagar Nusantara) dan Dinarfirst Semesta sebagai platform yang terintegrasi dengan Perdagangan Islam dimanapun berada, mari kita segera beramal dan beradab.

Penutup
Demikian maklumat dari kami, semoga apa yang kami sampaikan bisa menjadi jelas dan dapat bermanfaat untuk masyarakat muslim dimanapun dan menjadi berkah bagi kita semua dunia dan akhirat. Amin.

Kami juga mengucapkan terimakasih kepada kaum keluarga, teman, sahabat dan orang-orang yang terus mendukung IMN-Dinarfirst secara ikhlas baik secara moral dan material, semoga Allah menghitung pengorbanannya sebagai amal perjuangan fisabilillah dan membalas dengan apa yang lebih baik dari dunia dan seisinya. Amin. Dengan berkah dan rahmat Allah.

Kemenangan adalah dari Allah, masyaallah la quwatta illa billah.

ma’asalama

Published by

Ali

All you need is love

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s